Senin, 17 Maret 2014

BAHASA INDONESIA 2 (tulisan )

Pemakaian metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah 
    
Pengertian metode ilmiah

Metode ilmiah adalah suatu cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan kebenaran.
Metode ilmiah juga dapat disefinisikan sebagai suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Pengertian pertanyaan ilmiah

Pertanyaan ilmiah adalah rasa keingintahuan seseorang akan sebuah informasi berdasarkan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

Pemakaian metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah

Pertanyaan ilmiah adalah suatu permasalahan yang harus diselesaikan menggunakan metode ilmiah yaitu berdasarkan fakta-fakta. Untuk menjawab pertanyaan ilmiah memerlukan prosedur-prosedur seperti pikiran, pola kerja, tata langkah, dan cara teknis agar diperoleh pengetahuan baru atau dengan mengembangkan pengetahuan yang ada.
Ideal dari ilmu adalah memperoleh hubungan satu sama lain yang sistematis dari sebuah fakta, maka metode ilmiah berguna untuk mencari jawaban atas fakta (objektif) dengan menggunakan pendekatan sistematis.

Contoh pertanyaan ilmiah

Seberapa besar pengaruh pikiran terhadap tumbuhnya uban? Dan usia berapakah normalnya manusia tumbuh uban?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan menggunakan bukti dari ekperimen, deduksi logis, serta pemikiran rasional untuk mengamati alam dan individual di dalam suatu masyarakat.
Deduksi logis adalah sistem penalaran yang menelaah prinsip-prinsip penyimpulan yang sah berdasarkan bentuknya serta kesimpulan yang di hasilkan yang diturunkan dari pangkal pikiran yang jernih atau sehat. 

Sumber :
Pamungkas,Andi B.2013.”pengertian metode ilmiah”.Dalam  http://andibintang.blogspot.com/2013/04/pengertian-metode-ilmiah.html.
Rohani,Siti.2013.”Peran Metode Ilmiah Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan “.Dalam http://ssitirohani.blogspot.com/2013/04/peran-metode-ilmiah-dalam-perkembangan.html.
Wikipedia.2014.” Filsafat Ilmu “.Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_ilmu.
Alfagamma,Habib.2011.” Logika Deduktif Dan Induktif “.Dalam http://habib00ugm.wordpress.com/2011/01/22/logika-deduktif-dan-induktif/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar