Rabu, 19 Maret 2014

Bahasa Indonesia 2 (tugas)

Teori Yang Berhubungan Dengan Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah

Metode ilmiah

Pengertian

Metode ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik.

Metode ilmiah merupakan proses berpikir untuk memecahkan masalah
Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau pemecahannya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi, atau simpulan, bukan pula berdasarkan  data atau fakta khusus. Proses berpikir untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata. Untuk memulai suatu metode ilmiah, maka dengan demikian pertama-tama harus dirumuskan masalah apa yang sedang dihadapi dan sedang dicari pemecahannya. Rumusan permasalahan ini akan menuntun proses selanjutnya.

Pada Metode Ilmiah, proses berpikir dilakukan secara sistematis
Dalam metode ilmiah, proses berpikir dilakukan secara sistematis dengan bertahap, tidak zig-zag. Proses berpikir yang sistematis ini dimulai dengan kesadaran akan adanya masalah hingga terbentuk sebuah kesimpulan. Dalam metode ilmiah, proses berpikir dilakukan sesuai langkah-langkah metode ilmiah secara sistematis dan berurutan.

Metode ilmiah didasarkan pada data empiris
Setiap metode ilmiah selalu disandarkan pada data empiris. maksudnya adalah, bahwa masalah yang hendak ditemukan pemecahannya atau jawabannya itu harus tersedia datanya, yang diperoleh dari hasil pengukuran secara objektif. Ada atau tidak tersedia data empiris merupakan salah satu kriteria penting dalam metode ilmiah. Apabila sebuah masalah dirumuskan lalu dikaji tanpa data empiris, maka itu bukanlah sebuah bentuk metode ilmiah.

Pada metode ilmiah, proses berpikir dilakukan secara terkontrol

Di saat melaksanakan metode ilmiah, proses berpikir dilaksanakan secara terkontrol. Maksudnya terkontrol disini adalah, dalam berpikir secara ilmiah itu dilakukan secara sadar dan terjaga, jadi apabila ada orang lain yang juga ingin membuktikan kebenarannya dapat dilakukan seperti apa adanya. Seseorang yang berpikir ilmiah tidak melakukannya dalam keadaan berkhayal atau bermimpi, akan tetapi dilakukan secara sadar dan terkontrol.

Unsur-unsur metode ilmiah

1.Karakteristik (pengamatan dan pengukuran)
2.Hipotesis (penjelasan teoritis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran)
3.Prediksi (deduksi logis dan hipotesis)
4.Eksperimen (pengujian atas semua hal diatas)

Karakteristik metode ilmiah

1.Bersifat kritis, analitis, artinya metode menunjukkan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan metode untuk pemecahan masalah.
2.Bersifat logis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah.
3.Bersifat objektif, artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan lain dalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula.
4.Bersifat konseptual, artinya proses penelitian dijalankan dengan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.
5.Bersifat empiris, artinya metode yang dipakai didasarkan pada fakta lapangan,

Langkah-langkah metode ilmiah

1.Menyusun rumusan masalah
2.Menyusun kerangka teori
3.Merumuskan teori
4.Melakukan eksperimen
5.Mengolah dan menganalisis data
6.Menarik kesimpulan
7.Mempublikasikan hasil

Menyusun rumusan masalah

a.Masalah menyatakan adanya keterkaitan antara beberapa variabel atau lebih
b.Masalah tersebut merupakan masalah yang dapat diuji dan dapat dipecahkan
c.Masalah disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat, padat, dan jelas.

Manfaat yang didapat dari metode ilmiah adalah :

a.    Untuk menghasilkan penemuan berguna
b.    Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
c.    Untuk memecahkan suatu masalah dengan penalaran
d.    Untuk mengungkap kembali rahasia alam yang belum terungkap.

Sikap Ilmiah

Pengertian

Istilah sikap dalam bahasa Inggris disebut “Attitude” sedangkan istilah attitude sendiri berasal dari bahasa latin yakni “Aptus” yang berarti keadaan siap secara mental yang bersifat untuk melakukan kegiatan.
3 Kompenen Sikap :  Komponen kognitif, afektif dan tingkah laku.
Secara umum dapat disimpulkan bahwa sikap adalah suatu kesiapan yang senantiasa cenderung untuk berprilaku atau bereaksi dengan cara tertentu bilamana diperhadapkan dengan suatu masalah atau obyek.
Menurut Baharuddin (1982:34) mengemukakan bahwa :”Sikap ilmiah pada dasarnya adalah sikap yang diperlihatkan oleh para Ilmuwan saat mereka melakukan kegiatan sebagai seorang ilmuwan.
Sikap Ilmiah : sikap-sikap yang seharusnya dimiliki oleh setiap ilmuwan dalam melakukan tugasnya untuk mempelajari meneruskan, menolak atau menerima serta merubah atau menambah suatu ilmu


Tujuh sikap ilmiah

1.Sikap ingin tahu
Sikap ingin tahu terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.

2.Sikap kritis
Sikap kritis terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya.

3.Sikap objektif
Sikap objektif ini terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya, tanpa diikuti perasaan pribadi.

4.Sikap ingin menemukan
Selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen baru dan menggunakan eksperimen-eksperimen dengan cara yang baik dan konstruktif.

5.Sikap menghargai karya orang lain
Sikap ini ditunjukkan dengan cara selalu menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat yang disampaikan memang berasal dari orang lain.

6.Sikap tekun
Tidak bosan mengadakan penyelidikan, bersedia mengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan, tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatan apabila belum selesai.

7.Sikap terbuka
Sikap ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain walaupun pada akhirnya tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.

Sumber :
Nuzul,Alia.Tanpa tahun. “Sifat, Pola Pikir dan Karakteristik Metode Ilmiah”.Dalam http://aliyanuzul.wordpress.com/ipa-1/metode-ilmiah-dan-benda-benda-alam/inti/sifat-metode-ilmiah/ 
Hadi.Tanpa tahun.” Metode Ilmiah Dan Langkah-langkahnya “.Dalam http://hadi27.wordpress.com/metode-ilmiah-dan-langkah-langkahnya/
Google.Tanpa tahun.” Pengertian Sikap Ilmiah dan Metode Ilmiah “.Dalam http://matakristal.com/pengertian-sikap-ilmiah-dan-metode-ilmiah/ 
Yanhasiholan.2012.”Sikap Ilmiah”.Dalam http://yanhasiholan.wordpress.com/2012/11/21/sikap-ilmiah/ 
Wikipedia.2013.”Metode Ilmiah”.Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_ilmiah .
Faiq,Muhamad.2013."Pengertian dan Langkah-langkah Metode Ilmiah".Dalam http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/07/pengertian-dan-langkah-langkah-metode-ilmiah.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar