Kamis, 01 Mei 2014

BAHASA INDONESIA 2


Tidur Berkualitas

Istirahat sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Istirahat memang tidak selalu diartikan dengan tidur, tetapi tidur merupakan komponen yang sangat penting dalam siklus hidup setiap harinya. Manusia memerlukan istirahat dan tidur yang cukup.
Pada umumnya orang dewasa tidur sekitar 6-8 jam dalam sehari. Namun, kondisi lingkungan dan aktifitas terkadang tidak sejalan dengan keinginan untuk mencapai kondisi tersebut. Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika kita selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kesehatan kita.
Sebagaian orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena berbagai alasan. Sebagai seorang mahasiswa, saya pun merasa jam tidur saya berkurang. Ketika mata sudah lelah saya terus memaksakan diri menyelesaikan diri menyelesaikan tugas-tugas. Pada akhirnya saya menjadi sering mengalami gangguan kesehatan seperti maag, sakit kepala, dan pola makan pun menjadi terganggu.
Tidur merupakan waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Baik hormon maupun sistem imun bekerja dengan cara yang berbeda pada saat tidur. Berkurangnya jam tidur di malam hari dapat menyebabkan depresi, menurunnya fungsi otak sehingga sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi, sampai kenaikan berat badan. Selain itu berkurangnya jam tidur dapat menurunkan sistem imun sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit.
Berikut ini ada 5 tips agar tidur dapat berkualitas :

1.Mengatur waktu tidur secara konsisten
Membuat jadwal yang sesuai dengan aktifitas adalah tips pertama yang diyakini oleh para pakar agar seseorang dapat tetap mendapatkan kebutuhan istirahat bagi tubuhnya.

2.Membuat rutinitas tertentu sebelum tidur
Agar tidur kita menjadi nyaman, awali tidur dengan membentuk kebiasaan baik seperti membaca buku, mendengarkan musik dan berbagai aktifitas yang dapat membuat rileks otot-otot selepas beraktifitas.

3.Memilih peralatan tidur dengan kualitas baik
Pemilihan bahan dari kasur dan bantal akan mendukung terciptanya keadaan tidur yang baik dan nyaman.

4.Berolahraga
Banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu agar kita cepat tidur di malam hari dan kita akan memperoleh tidur yang berkualitas

5.Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur
Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Perut yang sangat penuh dapat membuat kita akan kesulitan untuk tidur. Jika anda masih merasa lapar, disarankan mengkonsumsi buah-buahan saja.

Demikian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.
               
Sumber :
Daeng,dara.2013.”Tips agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas”. Dalam http://daradaeng.com/tips-agar-tidur-lebih-nyenyak-dan-berkualitas.html
Google. Tanpa tahun.”tips untuk membuat tidur anda berkualitas”. Dalam http://www.akuinginsukses.com/9-tips-untuk-membuat-tidur-anda-berkualitas-nyenyak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar