Minggu, 19 Oktober 2014

TULISAN SOFTSKILL 1



Anak dan Game

Perkembangan teknologi semakin pesat, membuat manusia pada akhirnya tergantung akan teknologi yang semakin berkembang. Berbagai dampak dari kemajuan teknologi makin terasa, dari dampak positif hingga negatif. Saat ini saya ingin menulis tentang dampak teknologi bagi perkembangan seorang anak.

Bagi seorang anak perkembangan teknologi juga dapat dirasakan, dampak positif dari makin majunya teknologi bagi seorang anak adalah secara dini anak tersebut dalam mencari apa yang menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam pikirannya. Sedangkan dampak negatifnya adalah bahwa anak tersebut menjadi individualistis, tidak mau menerima dunia luar seolah sudah memiliki dunianya sendiri. Pada akhirnya anak tidak lagi peduli dengan lingkungan sekitar bahkan pada orang tua dan saudaranya sendiri.

Contoh umum adalah semakin banyaknya aplikasi game dalam perangkat seluler membuat seorang anak enggan beranjak dari tempat duduknya, enggan berpaling dari keasyikannya bermain game dan yang paling parah adalah enggan untuk diajak berinteraksi. Menjawab sapaan pun hanya sekedarnya.

Terkadang ada orang tua yang membiarkan anaknya asik menikmati sebuah permainan karena dianggap anak tersebut tidak bermain diluar rumah jadi mudah di kontrol, namun tanpa disadari dampak negatifnya jauh lebih besar. Ketika sudah menikmati apa yang disukainya maka seorang anak akan acuh terhadap hal lainnya.

Disini peran orang tua sangatlah besar dalam mengawasi tumbuh kembang sang anak baik dari segi fisik maupun psikis. Membangun karakter yang baik sehingga anak memiliki budi pekerti harus dilakukan sejak dini karena anak usia dini lebih mudah dibentuk karakternya. Batasi anak dalam bermain game kesukaannya, buat perjanjian dan terapkan dengan ketegasan sebagai orang tua.

Demikian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar